Sabtu, 03 April 2010

Hadapi semua dengan senyuman :)

Setiap manusia pasti memiliki kesalahan dan masalah. Dan bagaimana cara menyelesaikannya itu tergantung cara mereka masing-masing. Akhir-akhir ini saya sedang mendapatkan masalah yang sangat beruntun. Tidak bermaksud untuk curhat, saya hanya ingin berbagi tentang apa saja yang saya dapatkan dari masalah masalah saya ini. Ternyata dibalik semua tangisan, penyesalan, dan kebencian saya terhadap diri saya sendiri, saya mendapatkan hikmah luar biasa dibalik semua ini.

Jujur, saya kemarin sempat terlihat seperti orang depresi, pandangan saya kosong, tidak ingin makan apapun. Saya sempat menangis sampai menjerit-jerit. Emosi saya sangat labil. Saya benar-benar tidak bisa mengendalikan emosi saya. Saya merasakan sepertinya saya selalu hidup dalam masalah.Tapi saya mendapat banyak hal dari masalah itu semua. Saya sadar, saya memiliki sahabat yang selalu berada disamping saya kapanpun saya merasa senang atau susah. Dan dia mengajari saya untuk selalu tegar untuk menghadapi setiap masalah yang datang ke saya. Dia berkata, "kalo gini aja lo udah cengeng, gimana lo mau maju ke depan. Inget dong lo tuh masih harus lanjut kuliah kerja dan seterusnya. Di depan sana masih banyak yang lebih berat dari ini. jangan cengeng! Gue gasuka liat lo kayak gini" dan kata-kata itu merubah cara berpikir saya dan dari situlah saya belajar untuk tidak melihat suatu hal dari satu sisi saja. Saya juga harus melihat dari sisi orang lain, bisa dibilang saya belajar untuk tidak egois. Dan dari situ saya sadar bahwa saya tidak sendirian. Saya masih memiliki orang-orang yang sayang dengan saya. Hikmah yang saya dapatkan dari masalah saya kali ini benar-benar banyak. Tuhan memang benar-benar adil terhadap semua umat-Nya. Dan akhirnya saya betul betul menyadari roda hidup terus berputar. Tidak selamanya saya berada di atas, suatu saat saya pasti benar2 merasa ada di bawah. Tapi bukan berarti kita harus pasrah begitu saja ketika kita berada di bawah. Kita harus berusaha bagaimana caranya untuk mencapai tempat di atas tapi bukan dengan cara yang negatif. Tetapi dengan cara yang positif."Berterimakasihlah kepada orang yang membohongimu, setidaknya dia mengajarimu untuk menjadi lebih bijaksana. Berterimakasihlah kepada orang yang mengkhianatimu, setidaknya dia mengajarimu untuk bersikap lebih sabar"

Intinya, hadapi dan berikan senyuman kepada setiap masalah yang datang kepada kita. Dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar